Instagram

Kamis, 05 April 2012

Import Data Dari Excel ke MySql

Wah sudah lama ndak nulis di blogku ini, hemmm bingung mau nulis apa. Pikir-pikir kemarin baru meng-import data dari excel ke mysql. Awalnya sih lupa bagaimana mengimport data dari excel ke mysql, karena sebelumnya pernah nyoba. Yaaa dari pada lupa lagi, mending ini aja yang ditulis ke blog sederhana ini. Sebagai catatan untuk diri sendiri dan semoga bisa berguna bagi teman-teman yang membutuhkan (yang mau mengimport data dari excel ke mysql).

oke, pertama buat database di MySql seperti berikut :

CREATE DATABASE `sekolah`;


Selanjutnya mari kita buat tabelnya, disini contohnya aku buat tabel siswa, berikut caranya :

CREATE TABLE `sekolah`.`siswa` (`nis` CHAR(5) NOT NULL, `nama` VARCHAR(30) NOT NULL, `jenis_kelamin` CHAR(1) NOT NULL, `agama` VARCHAR(10) NOT NULL, `kelas` CHAR(10) NOT NULL, PRIMARY KEY (`nis`)) ENGINE = MyISAM;

oke, untuk database sudah selesai, sekarang bagaimana mengisikan datanya ke dalam tabel dari excel?. Sekarang buat file excel yang isinya sesuaikan dengan urutan field tabel yang sudah dibuat (nis, nama, jenis_kelamin, agama, kelas). Ingat pada tabel yang dibuat primary key ada pada field nis, jadi nis tidak boleh ada yang sama.


setelah selesai input data di excel, simpan file ke ekstensi *.csv CSV (Comma delimited)


klik Yes ketika muncul peringatan seperti ini :

Tutup Excel, klik No kalau muncul pesan seperti ini :

Selanjutnya proses import ke database mysql dari file CSV yang dibuat tadi, berikut langkah-langkah mengimport datanya :

Buka phpmyadmin, pilih database dan pilih tabel yang akan di import, kemudian pilih tab import seperti yang terlihat pada gambar berikut :

kemudian pilih file *.csv yang telah dibuat. klik browse seperti yang terlihat pada gambar berikut :

setelah memilih file *.csv, pada frame Format of imported file pilih CSV using LOAD DATA. Untuk pilihan Fields terminated by isikan tanda koma (,). Sedangkan, untuk Fields enclosed by dan Fields escaped by kosongin aja. Dan biarkan Lines terminated by diisi auto. Seperti yang terlihat pada dua gambar berikut :



Setelah itu klik tombol go untuk memproses. Semoga berhasil....!!

terima kasih....

Bagikan Tulisan ini di :

11 komentar:

  1. Mantap Gan. . .
    Trimz infox. . .
    Sangat membantu sekali. . .
    GBU..

    BalasHapus
  2. okeee senang tulisan ini bisa membantu

    BalasHapus
  3. udah masuk mas tapi diwebnya tidak tampil,solusinya gimana kirim ke dedeyusup11@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek cara tampilkan di web nya mas...

      Hapus
  4. gan,kalo import data dari excel ke mysql bisa enkripsi ga?
    soalnya nginput data bnyk bgt dan data itu harus di enkripsi md5..gmn?

    BalasHapus
  5. Lebih praktis jadi ga perlu banyak banyak nginput data di mysql. Visit blog saya http://apagerangan.blogspot.com

    BalasHapus
  6. kalo ada forign keynya gak bisa ya?

    BalasHapus
  7. sangat membantu :) terimakasih :)

    BalasHapus
  8. masih eror gan, pas upload nya muncul tulisan invalid file count

    BalasHapus

masukkan komentar Anda di sini